Jika dan Hanya Jika

Apa maksud dari kata jika dan hanya jika ini?
Kata jika mungkin bisa kita temukan pada rumus matematika, kata jika bisa kita temukan juga pada rumus excel seperti rumus if,sumif. Dan kata jika juga bisa kita temukan pd grammer dlm ilmu perbendaharaan b.inggris “conditional clause or if clause”..
Jika yang menurut pemahaman sy adalah sebuah permisalan dimana apabila kita menginginkan suatu hasil maka kita harus buat dulu pemetaan apa yang diharapkan lalu cari komponen yang dapat memenuhi harapan lalu cari formula apa yg diharapkan dari komponen atau sebuah nilai yang spt apa yang kita harapkan dr komponen tersebut. Misal dalam rumus simple excel, disini contohnya adalah jika kita mau membuat permisalan nilai kuliah dari range beberapa angka akan ditranslate menjadi huruf, untuk angka range nilai dari 0-100 untuk huruf range dari A-E, ketentuan nilai telah ditentukan mana yg masuk A,B,C,D,E ketentuan ini juga dapat dibuat siapa yang membuat? Yang membuat adalah yang menentukan tergantung masing2 punya kualitas, mungkin untuk sebuah perusahaan baru dy tidak akan berani langsung buat target kualitas baik 100% walaupun yg diharapkan adalah 100%, karena kita juga tahu semua itu harus melalui proses. Tidak mungkin anak balita bisa langsung berlari cepat seperti orang dewasa untuk berdiri saja dy harus melalui proses mulai dari merangkak, merambat, sampai bisa berdiri, setelah mantap berdiri maka barulah ia bisa berlari. Kembali ke rumus jika dan hanya jika. Rumus ini sering dan hampir setiap waktu masuk dalam kehidupan aku. Simplenya waktu jaman sekolah JIKA aku ingin mendapatkan nilai bagus itu akan terjadi HANYA JIKA aku rajin belajar, berapa nilai yang diinginkan? Tentu yang diharapkan adalah nilai 100, siapa yang menentukan? Pasti ya aku sendiri walaupun ada komponen lain yang memperngaruhi seperti ibuku yang mengharapkan anaknya mendapatkan nilai bagus, guru jg yg mengharapkan muridnya mendapat nilai bagus, apakah harus melewati sebuah proses juga? Tentunya,dimana waktu berprosesnya? Pada saat aku belajar, hasilnya bagaimana? Tergantung bagaimana saat itu formula yang diterapkan pd saat menggabungkan komponen2 tersebut. Namun dalam perjalanan waktu ada yg harus kita pahami yaitu dari Maha segala Maha, dan dimana rumus JIKA dan HANYA JIKA ini benar2 terjadi tp butuh keyakinan yang kuat.
Apa yang kita inginkan, apa yang kita mau akan terkabul JIKA kita berusaha namun semua itupun akan terjadi HANYA JIKA yang Maha hidup mengizinkan, yaitu jika Allah berkata “kun fayakun”, yang terjadi maka terjadilah, dan ini pun harus melalui sebuah proses semua aspek kehidupan ini pasti butuh proses, tinggal bagaimana cara kita dalam berproses. Karena hasil yang kita inginkan dapat terwujud dari HANYA JIKA “Allah yang berkehendak” maka sudah sepatutnya aku berserah diri pada Allah.

Tulisan ini mungkin sulit dicerna, karena aku sendiri sulit mempresentasikannya, tapi makna dibalik ini ada hal yang masih harus aku pahami jauh lebih dalam lagi…
Manusia ini sedang berproses, ingin melewati proses tersebut dan menginginkan untuk mampu menggunakan rumus JIKA dan HANYA JIKA ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s