Asma

Langsung saja, asma yang saya maksud disini adalah penyakit asma…
Sebelumnya tujuan saya tulis postingan ini smoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat teman2 yang juga mengalami penyakit ini…
Asma bisa dibilang penyakit keturunan bisa langsung dr ortu atau bahkan dr nenek,kakek,atau tante dan om…
Kurang ngerti jg knp bs begitu, sejak kecil aku dah ngerasain penyakit ini gbs tidur di tengah malam, sulit bernafas, selalu bersin2 di pagi hari, ada debu sedikit jg langsung bersin2, ya berawal dr alergi…
Rasanya lelah kalo penyakit ini sudah kambuh, gbs ngapa2in, serba salah mau gerak badan terasa lemah sekali, untuk bernafas saja sulit, tidur pun ga akan bisa itu kenapa terasa lelah…
Klo lg begini slalu bersyukur atas smua nikmat yang Allah berikan dikala sehat, dikasih udara yang gratis untuk dihirup, sungguh sesungguhnya manusia dalam kerugian..
Dengan adanya penyakit ini buat aku untuk selalu bersyukur krn sudah diberi nikmat yang amat besar oleh Allah SWT..
Bukan lebay tp memang itu yang aku rasakan, dikala kambuhnya penyakit itu aku merasa jatah nikmat aku dikurangi saat itu. Tp Insya Allah aku mencoba ikhlas dan menerima smua kenyataan ini..
Mencoba ambil hikmah dibalik smua ini, untuk terus bersyukur atas hidup ini…
Terkadang suka bingung apa pencetus dr kambuhnya penyakit ini, ga boleh kecapean ya benar juga, kena debu udah pasti bersin2, bersin2 itu juga lumayan bikin badan lemes krn bersinya aku ga cukup sekali, yang biasa terjadi minimal 3kali hentakan bersin dlm satu waktu. Kadang langsung dada terasa Berdebar2. Stres juga bisa buat penyakit ini kambuh. Sungguh badan ini ringkih sekali rasanya. Mamaku sdh mengerti sekali kapan penyakit ini kambuh, kenapa penyakit ini kambuh jd aku juga gbs bohong klo lg ada masalah😀.
Tp dng begitu bukan berarti aku disayang2 sm mama, dijaga2 bak putri yg ga boleh ngapa2in takut penyakitnya kambuh, nggak sama sekali.
Mama slalu bilang lawan penyakit itu, jangan turuti penyakit itu, buang jauh pikiran yg bikin penyakit itu datang, jd yg mama lakukan itu buat aku jd kuat…
Biasanya penyakit asma itu sering buat ledekan, hingga muncul lah kata2 kamu ga malu klo temen2 tau km punya penyakit asma, dulu mungkin iyaa aplg waktu jaman sd xixi tp seiring bertambahnya usia aku paham ga perlu malu toh ini jalan yg sdh Allah kasih buat aku dan ini pun bentuk perhatian dr Allah agar aku trus bersyukur akan nikmat yg sudah diberikan. Dan penting jg diketahui oleh org terdekat minimal di sekitar krn klo lg kambuh org yg bisa menolong itu yah yg ada didekat kamu kan?!
Klo asma sedang kumat tak tertahan harus ke emergency klinik atau RS terdekat yg ada oksigennya…
Spanjang umurku 2 kali aku ngerasain ke UGD dan itu di masa aku sudah kerja mungkin tingkat stress lebih tinggi tp faktor lingkungan jg mempengaruhi waktu itu br pindah kantor di **** daerah kuningan gd lama kondisinya memang agak tertutup dan byk debu alhasil kambuh deh 2 bentuk penanganan di emergency disuntik dan langsung dikasih oksigen…
Klo dah kyk gt badan lemas benar2 gbs berbuat apa2…
Tp sungguh luar biasa hampir 5th aku bekerja di bag customer service dimana under pressure sudah pasti banyak diterima…
Tp itu yang bs menguatkan dan sedikit jd bisa mengatur emosi.
Tp pernah di satu masa hampir ga pernah kambuh saat kuliah, dan aku sangat menikmati masa2 itu…
Kuliah aku jg byk kegiatan dan enjoy jalani itu semua ini yang dibilang mamaku utk jd kuat harus lawan penyakit itu.
Tp dimasa skarang ini bnr2 masa terpanjang aku ngerasain penyakit ini hampir 1 th aku gbs tidur tenang krn slalu terbangun di malam hr krn sulit bernafas..
Di usiaku saat ini byk persoalan yg dihadapi, ketidak siapan untuk menerima cobaan yg Allah kasih, dan ketika smua tertumpuk jd satu saat itulah keluar penyakit ini.
Sungguh amat lelah rasanya, tp aku tau aku nggak boleh nyerah, berusaha dan terus berusaha untuk bisa mengurangi rasa sakit ini krn aku pun tau dokter bilang penyakit ini ga akan sembuh seutuhnya seumur hidupmu…
Tp aku juga yakin jika Allah berkehendak apapun bisa terjadi, aku anggap ini sbg peringatan dr Allah. Smoga rasa sakit ini bisa mengurangi sgala dosa yang pernah aku perbuat.
Penderita asma juga wajib tahu apa pencetus dr kambuhnya penyakit ini dan segera hindari jg sdh mengetahuinya walau agak sulit tp yakinlah bahwa gak ada yg sia2 dr stiap apa yg kita lakukan…
Dan dimasa inilah akhirnya aku mengenal nebulizer.
Kebetulan temenku seorang dokter jd aku tanya2 soal alat2 itu…
Nebulizer alat uap untuk terapi juga, biasanya aku lakukan di RS tp skrg aku bisa lakukan sendiri di rumah klo lg kambuh dan ada obatnya dan itu harus resep dr dokter.
Berikut saya tampilkan bentuk dr nebulizer
image

Ada mesin, selang dan masker cukup simple
image

Ada tabung kecil untuk taruh obatnya
image

Obatnya itu terdiri dr 3macam,
1. Ventolin
2. Pulmicort
3. Nacl
image

Dr ketiga obat itu pulmicort yang harganya lumayan mahal beli 2 pack isi 10ampul harga 600ribuan
Oh God sungguh Engkau Maha Pengasih dan Maha Pemurah krn hanya Engkau yang berikan udara secara gratis😦
Balik lg Komposisi obatnya harus sesuai resep dokter yaa…
Awalnya aku ga ngerti cara pakainya, aku checkup duku ke RS Islam terdekat, lalu dokter pun menyarankan uap di RS tersebut, dokter itu gak bs kasih tau cara pakai nebulizer pribadi mungkin ada kode etik tp aku dapat resep dan disarankan untuk tanya cara pakainya di tempat terapi itu.
Hari itu juga aku ke tempat terapi uap, dan aku langsung bilang diawal sm petugas skalian minta diajari cara pakainya, untung aku bawa alatnya saat itu jd terapi saat itu pakai alat yang aku bawa cm ada obat yang gak ada aku dah dapat beberapa pd saat beli alatnya jd ambil dr rs itu salah satu resepnya…
Sungguh keberuntungan krn petugas saat itu baik sekali memperbolehkan dan mengajari aku pakai alat sendiru, dan mengurangi biayanya juga pastinya hehe…
Dan alat itu menemaniku klo lg kambuh, tp nggak aku pakai sering2 krn ga mau jd ketergantungan juga…
Dan satu lagi info yg disarankan dokter makan aple 30 menit sebelum makan akan mengurangi pencetus dr penyakit asma Ini
Smoga info ini bisa bermanfaat buat temen2 yg punya pengalaman yg sama seperti aku ini🙂

Leave a Reply

