Jamsostek oh jamsostek

Aku mau cerita soal jamsostek nih..
Seiring dengan berakhirnya tugasku di PT. SMART TELECOM. Rencana aku ingin mencairkan dana jamsostek yang saldonya lumayan dan sangat berarti buat aku saat ini. Yup karna dana itu akan kugunakan untuk bayar sekolahku T_T. Kuq yaaa ngepas banget angkanya juga.

Kemarin pun aku melangkahkan kaki menuju jamsostek terdekat yaitu di rawamangun, diantar oleh papaku. Sesampainya disana ya ampun..ya ampun..ya ampun..ternyata banyak banget peminat gedung itu, pantas saja dia hanya melayani sampai jam 2 siang ternyata yg ditutup sampai jam 2 siang adalah antriannya. Oh iya sebelum datang kesana saya sudah menghubungi call center jamsostek untuk menanyakan persyaratan yg harus dibawa, jadi tentu saja saat security menunjukkan persyaratan dg PD saya bilang iya saya sudah tau pak,tp tuh security sampai 3kali bilang ke saya udah baca persyaratannya mba, aku cuma jawab “iya sudah pak” baru dia kasih formulir yg harus diisi, dia gak tau klo aku sdh tlp sebelumnya tp yaa ga penting jg kan klo harus ngomong ngotot, yo legowo saja..

Okay krna begitu penuhnya didalam ruangan itu akhirnya saya mengisi formulir di parkiran motor, salah juga sih br sampai tkp jam 11 siang ya ramainya minta ampun, tp diluar dugaan juga kalau seramai itu.
Dan saya mendapat no antrian 492
angka yang menakjubkan, pd saat sy datang no anyrian baru sampai 440, itu artinya aku harus tunggu sampai 50antrian.

Oh iya bicara persyaratan, berikut syarat yg harus dibawa pd saat mencairkan dana jamsostek:
1. KPJ asli (Kartu Peserta Jamsostek)
2. KTP asli
3. Kartu Keluarga Asli
4. Surat Referensi Kerja Asli (ada ttd asli, bukan hasil scan)
5. Jangan lupa semua harus di f.copy, taruh dalam map

nah ini juga ada beberapa hal buat masukkan untuk poin diatas:
* jamsostek baru bisa dicairkan jika sudah 5 tahun dr keanggotaan/lama bekerja dengan masa idah 1 bulan.
Jadi tepatnya 5 th 1 bulan
* poin 4 surat ref kerja ->
jika dlm waktu 5 th ada beberapa surat misal yg kerja sbg outsourch dlm 5th pasti ada 3 surat referensi krn perpindahan yg setiap 2th hrs pindah outsourch itu semua harus dibawa di Perusahaan yang sama/tidak. Atau jika yang sudah pindah dan msh dlm jangka waktu 5th tsb lalu meneruskan jamsostek yg lama berarti harus bawa 2 surat ref kerja dr 2 perusahaan yaitu yg lama/atau yg baru.
* usahakan pada program atau urusan apapun untuk menuliskan nama panjang yang benar dan sesuai dengan KTP, krn kmrn banyak kasus yang sulit diidentifikasi karna banyak kesalahan dan kesamaan nama jd sulit diverifikasi oleh team dr jamsostek. Sama nama ibu kandung juga tulis lengkap sesuai dng yang tercantum di “KK”. Ternyata penulisan nama itu penting baru aku menemukan arti dari sebuah nama. Klo salah bisa2 ga dapet kan uangnya hehe..krn kmrn juga ada seorang ibu yang berharap dpt 5jt ternyata hy dapat 50rb dng alasan ada kesamaan nama dan hystorynya sblmnya sdh diambil, dng nomor keanggotaan yg sama, entahlah apakah ini permainan dr perusahaannya yg dulu krn hystory yg terbca sudah ada pengambilan atau “kelalaian dr jamsosteknya” si ibu itu hanya bisa tertawa sambil menggendong anaknyabegitu juga dg suaminya. Tapi ketika kutanya detailnya si ibu seolah enggan menceritakan. Padahal aku penasaran banget klo case itu tjd sm aku harus ke siapa mengadunya. Sempat h2c juga sama nasibku krn masih menunggu antrian yg panjang.
Banyak yg ditolak jg, entah masalah di srt referensinya yang hy hasil scan, tdk ada f.copy,etc
oleh krn itu pastikan semua disiapkan dan tdk ada pemalsuan data2.

dan saya baru dipanggil sekitar jam 3 sore, hufh melelahkan sanggat..
Si mba sempat report saat verifikasi krn surat ref aku yg byk itu (beginilah nasib outsourch). Gak terasa juga ternyata sy bekerja sdh 5 th lamanya di Smart tercintah itu (“,), pas 5th jg aku lulus dr sana. Dan pas saat dana jamsostek bisa dicairkan jg sy harus melaksanakan kewajiban bayar sekolah, itu artinya uang itu hanya akan “numpang lewat saja” T_T
okay tidak ada masalah, inilah yang namanya pengorbanan untuk jd lbh maju, yesss harus ikhlas!
Annndddd you know what????
Ternyata dana itu masih blm bisa cair, dan saran mereka aku disuruh telp org hrd untuk menanyakan apakah sudah beri laporan ke jamsostek mengenai status aku yg dinonaktifkan. OMG sudah lama menunggu ternyata masih blm bisa diambil jg T_T okay aku ingat aku harus bisa ikhlas. Dan krn status aku baru nonaktif dr Smart jd disarankan untuk dtg ke jamsostek yg berada di gatot subroto krn kepengurusan Smart di kantor cabang tsb.
Okay panjang cerita aku harus balik ke jamsostek gatsu pd tgl 1Maret besok.
Semoga masukan2 diatas bisa berguna yah🙂
tetep semangattt!

Leave a Reply

